Diabetes Melitus Nefropati Diabetik


Diabetes Melitus Nefropati Diabetik merupakan sindrom kronis pada penderita penyakit diabetes melitus  yakni berupa kelainan ginjal yang disebabkan oleh komplikasi penyakit diabetes melitus ( DM ) baik tipe 1 atau 2 yang ditandai dengan adanya albuminuria (mikro/makroalbuminuria) menetap yaitu >300mg/24 jam.

Diabetes Melitus Nefropati Diabetik

Nefropati diabetic dapat menyebabkan gagal ginjal hingga tahap akhir (GGT = Gagal Ginjal Terminal). Oleh karenanya penanganan kasus ini harus dilakukan secara optimal agar dapat mencegah perusakan ginjal ke tahap yang lebih buruk.

Di Amerika dan Eropa nefropati diabetic merupakan penyebab utama timbulnya penyakit gagal ginjal terminal.Angka atau jumlah dari kejadian nefropati diabetic pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 dan 2 sebanding.Akan tetapi insiden pada Dm tipe 2 lebih besar dibandingkan dengan Dm tipe 1 hal ini dikarena jumlah penderita diabetes melitus tipe 2 lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penderita diabetes melitus tipe 1.Di negara Amerika Serikat nefropati diabetik merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi diantara semua komplikasi penyakit diabetes melitus,setelah komplikasi kardiovaskular.

Sementara itu sebuah penelitian dari inggris telah membuktikan bahwa jumlah penderita Diabetes Melitus Nefropati Diabetik di Asia lebih tinggi dibandingkan dengan negera barat.Hal ini dikarenakan penderita diabetes melitus tipe 2 pada orang asia terjadi pada umur yang relatif lebih muda.Di indonesia sendiri jumlah penderita Diabetes Melitus Nefropati Diabetik ini bervariasi yakni antara 2,0% sampai 39,3%.

Gejala Diabetes Melitus Nefropati Diabetik

Diabetes melitus nefropati diabetik tidaklah mempunyai gejala klinis,Gejala timbul pada tingkat akhir dan merupakan hasil dari eksresi protein yg banyak melalui urine atau akhirnya akan timbul renal failure.Dan berikut diantaranya :

  1. Bengkak, biasanya  disekitar mata pada pagi hari kemudian ke seluruh badan
  2. Urin berbusa
  3. Pertambahan berat badan yang tidak disengaja (karena adanya penumpukan cairan)
  4. Bengkak pada kaki
  5. Nafsu makan berkurang
  6. Mual dan muntah
  7. Rasa sakit yang menyeluruh
  8. Fatique
  9. Sakit kepala
  10. Cegukan berulang
  11. Gatal-gatal

Itulah beberapa gejala yang patut anda ketahui dan waspadi,dan apabila kini beberapa gejala tersebut anda rasakan maka segera lakukan tindakan yang efektif dan cepat sehingga dampak yang lebih buruk lagi dapat anda hindari.

Demikianlah sekilas tentang Diabetes Melitus Nefropati Diabetik ini semoga bermanfaat dan bisa menabah pengetahuan anda.Terima kasih banyak atas kunjungannya dan sampai jumpa.

Baca Juga : Pengobatan Diabetes Melitus Secara Tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *